Analisis
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan di UD. Kurniawan Motor Seririt
– Singaraja
Tahun 2013
I Gusti
Kadek Yudi Pranata
S1 –
Manajemen
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif
kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang
mempengaruhi volume penjualan dan faktor – faktor yang paling dominan
mempengaruhi volume penjualan Pada UD. Kurniawan Motor. Metode yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Subyek penelitian adalah UD.
Kurniawan Motor, sedangkan obyek penelitian adalah Harga, Diskon, Tempat Usaha,
Produk, Promosi, Inovasi, Periklanan, dan Saluran Distribusi yang mempengaruhi
volume penjualan pada UD. Kurniawan Motor. Jenis data yang digunakan adalah
data kuantitatif dan kualitatif yang nantinya akan dianalisis menggunakan
analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan (1). Faktor-faktor yang mempengaruhi
volume penjualan Pada UD. Kurniawan Motor adalah faktor 1 (produk) dan faktor 2
(promosi) dengan cumulative percentage of variance 62,241% dan (2). Faktor yang
paling dominan mempengaruhi volume penjualan UD. Kurniawan Motor yaitu faktor 1
(produk) dengan nilai varimax rotation 49,291%.
Kata Kunci: faktor
dominan, volume penjualan
Pendahuluan
Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk
mencari keuntungan seoptimal mungkin. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap
perusahaan mempunyai strategi penjualan yang berbeda-beda. Mereka memilih
strategi yang dirasa mampu mengembangkan perusahaannya masing-masing. Dengan
demikian hal tersebut akan menimbulkan persaingan antar perusahaan.
Perusahaan otomotif semakin lama makin
diminati para produsen dalam membangun suatu usaha, sehingga akan menimbulkan
persaingan bisnis yang kian lama semakin ketat. Ketatnya persaingan bisnis
dalam bidang otomotif mengakibatkan tiap perusahaan menjaga kesetiaan konsumen
lama dan memikat konsumen baru, baik pada pasar lama maupun pada pasar yang
baru. Sebagai pelaku bisnis dalam bidang otomotif harus mempunyai keselarasan
antara kompetensi yang dimiliki perusahaan dengan lingkungan yang ada di luar
organisasi, maka perlu adanya kegiatan dalam pengambilan keputusan yang
disesuaikan antara kemampuan yang dimiliki dengan lingkungan yang ada di
sekitar, sehingga perlu adanya manajemen strategi. Dengan perencanaan strategi
yang tepat, keuntungan dapat terus meningkat seiring dengan pertumbuhan pasar
produk tersebut. (Irawan, 2013).
Faktor ancaman pendatang baru, ancaman produk
atau jasa pengganti, kekuatan tawar menawar pemasok, kekuatan tawar menawar
pembeli, dan keadaan persaingan perusahaan dalam bisnis merupakan faktor-faktor
yang berperan cepat dalam perubahan lingkungan (Porter, 2008). Faktor di atas
merupakan faktor yang berada diluar kendali perusahaan (Faktor Eksternal).
Semua faktor eksternal memberikan peluang dan ancaman (tantangan) bagi
perusahaan untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan perusahaan. Faktor eksternal
tidak bisa diatur dan dikendalikan oleh perusahaan tanpa adanya suatu strategi
yang tepat dan sesuai dengan keadaan lingkungan bisnis sekarang.
Faktor internal yaitu menilai kekuatan, dan
kelemahan manajemen dari struktur organisasi perusahaan untuk dapat menghadapi
secara efektif segala hal yang mempengaruhi petumbuhan perusahaan, manajerial
menggunakan pertumbuhan yang menempatkan perusahaan secara optimal di
lingkungan persaingannya dengan maksimal.
UD. Kurniawan Motor adalah salah satu usaha
otomotif yang bergerak khusus menjual dan
memasarkan sepeda motor Suzuki. Dimana dalam memasarkan produk mencakup
seluruh wilayah di Kabupaten Buleleng. Dalam mengembangkan usahanya pemilik
melihat dari dua sektor yaitu sektor eksternal yang berupa pesaing, pendatang
baru, dan supplier. Sedangkan dari sektor internal dilihat dari kekuatan dan
kelemahan manajemen dalam mengembangkan
usaha dan produk usahanya.
Berdasarkan data penjualan UD. Kurniawan Motor
dari bulan Juni sampai bulan Desember 2013 UD. Kurniawan Motor cenderung
mengalami penurunan penjualan, Data penjualan dari bulan Juni sampai dengan
Desember 2013 pada UD. Kurniawan Motor Dapat dilihat pada Tabel 1.1
Penjualan (Rp)
Bulan
|
Satria FU 150 SCDZ
|
Satria FU 150 SCD
|
UD 110 NE
|
VW 125 Scl
|
Nex 110
|
TOTAL PENJUALAN
|
PERTUMBUHAN PENJUALAN
|
Juni
|
80.340.000
|
39.770.000
|
0
|
15.340.000
|
12.990.000
|
148.440.000
|
-
|
Juli
|
20.085.000
|
19.885.000
|
0
|
0
|
0
|
39.970.000
|
108.470.000
|
Agustus
|
60.255.000
|
39.770.000
|
13.855.000
|
0
|
0
|
113.880.000
|
-73.910.000
|
September
|
60.255.000
|
0
|
0
|
0
|
0
|
60.255.000
|
53.625.000
|
Oktober
|
80.340.000
|
0
|
13.855.000
|
0
|
0
|
94.195.000
|
-33.940.000
|
November
|
0
|
19.885.000
|
0
|
0
|
0
|
19.885.000
|
74.310.000
|
Desember
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
19.885.000
|
Sumber: UD. Kurniawan Motor
Kotler
(2000: 55) menyatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi volume penjualan
antara lain: (1) harga jual; (2) produk (barang atau jasa) yang di tawarkan;
(3) promosi yang dirancang; (4) saluran distribusi dan (5) mutu. Menurut Taylor
(2005: 84), volume penjualan juga dipengaruhi oleh dua factor lingkungan yaitu:
(1) faktor lingkungan tak terkendali terdiri dari lingkungan persaingan,
ekonomi, teknologi, politik, hukum, dan sosial budaya; (2) factor lingkungan
terkendali adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran termasuk
penjualan yang berada di dalam perusahaan. Faktor-faktor tersebut adalah
faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran termasuk penjualan yang berada di
dalam perusahaan.
Berdasarkan
uraian di atas, tampaknya faktor – faktor
yang mempengaruhi volume penjualan layak untuk dikaji secara lebih
mendalam dan ilmiah dengan analisis faktor, khususnya pada UD. Kurniawan Motor.
Penelitian ini bertujuaan untuk
mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi dan faktor yang paling dominan
mempengaruhi volume penjualan pada UD. Kurniawan Motor. Serta penelitian ini
diharapkan mahasiswa dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi volume
penjualan kemudian dapat di kembangkan di dunia industri dan juga bagi
perusahaan diharapkan dapat sebagai acuan faktor-faktor yang mempengaruhi
volume penjualan, guna meningkatkan volume penjualan UD. Kurniwan Motor.
Kerangka Dasar
Teori
Pengertian
Penjualan
Menurut Moekijat (2000: 488), dalam buku Kamus istilah
ekonomi menyatakan bahwa “Selling” adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk
mencari pembeli, mempengaruhi dan memberikan petunjuk agar pembeli dapat
menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan
perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Menurut
Menurut defenisi yang lain penjualan adalah
berkumpulnya seorang pembeli dan penjual dengan tujuan melaksanakan tukar menukar
barang dan jasa berdasarkan pertimbangan yang berharga misalnya pertimbangan
uang (Winardi,2005:26).
Pengertian
Volume Penjualan
Pengertian volume Penjualan menurut John Downes dan
Jordan Elliot Goodman yang diterjemahkan oleh Susanto Budidharmo (2000: 646),
bahwa :”Volume Penjualan adalah total penjualan yang didapat dari komoditas
yang diperdagangkan dalam suatu masa tertentu”. Sedangkan pengertian Volume
Penjualan menurut Assegaf Abdullah (2001: 444), bahwa: ”Volume penjualan adalah
jumlah unit yang terjual dari unit produksi suatu pemindahan dari pihak
produksi ke pihak konsumen, dan tetap pada suatu periode tertentu”.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Volume Penjualan
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan
menurut Kotler (2000) antara lain adalah harga, produk, promosi, saluran
distribusi dan, tempat usaha. Menurut Taylor (2005: 84), bahwa volume penjualan
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu: (1) faktor lingkungan tidak terkendali
adalah faktor yang mempengaruhi pemasaran termasuk penjualan perusahaan yang
berbeda di luar perusahaan; dan (2) faktor lingkungan terkendali adalah faktor
lingkungan yang mempengaruhi pemasaran termasuk penjualan yang berada di dalam
perusahaan.
Berdasarkan
pendapat di atas peneliti menggunakan faktor-faktor yang mempengaruhi volume
penjualan pada UD. Kurniawan Motor yaitu: (1) Harga, (2) Diskon, (3) Tempat
Usaha, (4) Produk, (5) Promosi, (6) Inovasi, (7) Periklanan dan (8) Saluran
Distribusi.
1.
Harga
Harga
adalah sejumlah uang yang dikeluarkan dalam pertukaran untuk mendapatkan barang
atau jasa (McDaniel, et al., 2008, h.538). Faktor harga merupakan hal-hal yang
sangat penting dan mempengaruhi penjualan atas barang atau jasa yang
dihasilkan. Apakah barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dapat dijangkau
oleh konsumen. Harga penjualan merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu
perusahaan karena harga menentukan seberapa besar keuntungan yang akan
diperoleh perusahaan dari penjualan produknya baik berupa barang maupun jasa.
Menetapkan harga terlalu tinggi akan menyebabkan penjualan menurun, namun jika
harga terlalu rendah akan mengurangi keuntungan yang dapat diperoleh
perusahaan.
2.
Diskon
Pengertian
Discount Price menurut Mahmud Machfoedz dalam bukunya Pengantar Ekonomi Modern
(2005:141) adalah Potongan harga yang menarik, sehingga harga sesungguhnya
lebih rendah dari harga umum. Setiap konsumen membutuhkan lebih banyak bentuk
diskon atau potongan harga dan paket barang dengan harga yang murah. Semakin
besar diskon maka semakin besar volume penjualan. Ini dapat kita lihat pada
supermarket yang besar saat memberikan diskon pada hari tertentu misalnya tahun
baru dan hari raya maka akan terjadi peningkatan jumlah penjualan.
3.
Tempat Usaha
Tempat
usaha yang strategis memungkinkan konsumen lebih mudah menemukan dan mencari
produk yang mereka perlukan. Pemilihan tempat usaha adalah salah satu hal yang
bersifat krusial karena sangat terkait dengan mudah tidaknya konsumen
menjangkau tempat usaha tersebut. Tempat usaha sebaiknya mempertimbangkan area
yang memungkinkan kemampuan produksi yang lebih besar sehingga lebih mudah
dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas produk.
4.
Produk
Perusahaan
memproduksi barang atau jasa yang disebut sebagai produk. Produk yang telah
diproduksi harus ditawarkan kepada konsumen atau pengguna dan dimanfaatkan
dalam rangka pemenuhan kebutuhan. Produk memiliki arti penting bagi perusahaan
karena tanpa adanya produk perusahaan tidak akan dapat melakukan apapun dari
usahanya. Produk adalah suatu barang yang mempunyai kentara, suatu jasa, sebuah
ide, atau kombinasinya, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen maupun pelanggan
bisnis melalui suatu pertukaran; juga diartikan sebagai sejumlah atribut yang
mencakup fitur, fungsi, manfaat, dam penggunaan (Solomon and Stuart,
1997,p.294).
Produk
salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat volume penjualan sebagai barang
atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan apakah sesuai dengan tingkat
kebutuhan para konsumen.
5.
Promosi
Menurut
Tjiptono (2008: 219), promosi adalah: “Suatu bentuk komunikasi pemasaran.
Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan
informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atau
perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk
yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan”. Sedangkan menurut Menurut Alma
(2007: 179), Promosi adalah: “Sejenis komunikasi yang memberikan penjelasan
yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa”. Menurut Philip Kotler,
promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya dan membujuk konsumen sasaran
agar membelinya. Promosi sangat penting karena: (1) dapat membantu pelanggan
dengan informasi yang memperkuat kesadaran dan pengetahuan tentang produk atau
jasa yang ditawarkan, (2) Dapat mempengaruhi sikap dan keinginan pelanggan, dan
(3) Bagi perusahaan, dapat mengatur proses produksinya secara efisien dan
efektif.
Dengan
demikian promosi adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
mengkomunikasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau
tidak langsung mengenai suatu produk atau jasa.
6.
Inovasi
Di
era perdagangan bebas dan persaingan global ini memaksa setiap perusahaan untuk
siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Persaingan yang semakin
ketat dan konsumen yang semakin kritis dalam memilih produk, menuntut
perusahaan untuk lebih inovatif dalam menghasilkan suatu produk, dengan kata
lain perusahaan harus mampu menawarkan produk baru yang berbeda dan jauh lebih
baik dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing. Tamamudin (2012: 283)
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan inovasi produk terhadap
keputusan membeli. Semakin tinggi inovasi produk maka semakin tinggi keputusan
membeli dan semakin tinggi juga volume produk yang terjual. Menciptakan suatu
produk baru yang dapat memberikan solusi yang lebih baik bagi pemecahan masalah
yang dihadapi konsumen.
7.
Periklanan (Advertising)
Menurut
Djaslim Saladin (2007:129) yang mengartikan periklanan sebagai berikut: “Periklanan
adalah semua bentuk penyajian yang sifatnya nonpersonal, dan promosi ide-ide,
promosi barang-barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor”.
Sedangkan
menurut Rhenald Kasali (2007:9) mendefinisikan iklan media cetak adalah sebagai
berikut: ”Iklan media cetak adalah suatu media yang statis dan mengutamakan
pesanpesan visual”. Secara khusus tujuan iklan adalah: (a) Mendukung program
penjualan dan kegiatan promosi yang lain, (b) Menjangkau konsumen yang tidak
dapat dijangkau oleh tenaga penjualan, salesman, (c) Mengadakan hubungan dengan
penyalur, misalnya dengan mencantumkan nama dan alamatnya, (d) Memasuki daerah
pemasaran baru atau menarik pelanggan baru, dan (e) Membangun nama baik (good
will) perusahaan, dan memperbaiki reputasi perusahaan dengan memberikan
pelayanan umum melalui periklanan dan menjelaskan keadaan organisasi.
8.
Saluran distribusi
Menurut
Efendi (2009) faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi volume penjualan
adalah saluran distribusi yang bertujuan untuk melihat peluang pasar apakah
dapat memberikan laba yang maksimun. Secara umum mata rantai saluran distribusi
yang semakin luas akan menimbulkan biaya yang lebih besar. Luasnya saluran
distribusi maka produk perusahaan akan semakin dikenal oleh mayarakat luas dan
mendorong naiknya angka penjualan yang akhirnya berdampak pada peningkatan
volume penjualan
Metode
Penelitian
Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif kausal. Subjek penelitian ini mengambil tempat di UD. Kurniawan
Motor yang beralamat di jalan Raya Seririt – Gilimanuk (Depan Pom Bensin
Lokapaksa), Singaraja, Bali dengan objeknya adalah: Harga, Diskon, Tempat
Usaha, Produk Promosi, Inovasi, Periklanan, dan Saluran Distribusi. Penelitian
ini dilakukan pada Bulan Juli sampai September 2016.
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan
gambaran mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan dan untuk
mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap volume penjualan Pada
UD. Kurniawan Motor. Maka dalam pelaksanaan penelitian ini akan digunakan
rancangan penelitian deskriptif dengan model kuantitatif dimana data dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis faktor. Terdapat Delapan
faktor yang mempengaruhi volume penjualan UD. Kurniawan Motor yaitu: Harga,
Diskon, Tempat Usaha, Produk Promosi, Inovasi, Periklanan, dan Saluran
Distribusi.
Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah Kuesioner. Dalam penelitian ini kuisioner yang digunakan
berupa daftar pertanyaan kepada responden untuk dijawab, terutama berkaitan
dengan faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan pada UD. Kurniawan
Motor.
Populasi dalam penelitian ini adalah
karyawan UD. Kurniawan Motor, dengan jumlah populasi pada penelitian ini adalah
30 orang. Instrumen Penelitian ini
adalah kuisioner yang disebarkan kepada responden sebagai sampel yang mampu
mewakili keseluruhan populasi, yaitu konsumen UD. Kurniawan Motor.
Sesuai dengan perumusan masalah,
tujuan penelitian, dan jenis data yang dikumpulkan maka analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor. Menurut Suliyanto (2005)
analisis faktor merupakan suatu teknik menganalisis saling ketergantungan dari
beberapa variabel secara simultan dengan tujuan untuk menyederhanakan dari
bentuk hubungan antara variabel yang diteliti.
Faktor
yang Mempengaruhi Volume Penjualan di UD. Kurniawan Motor
Menentukan banyaknya faktor yang
mempengaruhi volume penjualan Pada UD. Kurniawan Motor, dapat dijelaskan dari
nilai persentase masing-masing faktor. Nilai Total Variance Explained digunakan
untuk mengetahui persentase dari delapan faktor yang dianalisis. Hasil analisis
faktor melalui SPSS menunjukkan persentase dari masing-masing faktor.
Berdasarkan nilai Rotated Component
Matrix terdapat dua faktor yang mempengaruhi volume penjualan UD. Kurniawan
Motor yaitu faktor satu (Produk) dan faktor dua (Promosi). Kedua faktor
tersebut mempunyai total percentage of variance 62,241% artinya kedua faktor
tersebut mampu menjelaskan pengaruhnya sebesar 62,241% terhadap volume
penjualan Pada UD. Kurniawan Motor dan sisanya 37, 759% dipengaruhi faktor lain
seperti keberadaan perusahaan pesaing, merek, dan biaya produksi (Taylor,
2005). Produk adalah suatu barang yang
mempunyai kentara, suatu jasa, sebuah ide, atau kombinasinya, yang dapat
memenuhi kebutuhan konsumen maupun pelanggan bisnis melalui suatu pertukaran;
juga diartikan sebagai sejumlah atribut yang mencakup fitur, fungsi, manfaat,
dam penggunaan (Solomon and Stuart, 1997,p.294).
Avanti Fontana
(2011) mendefinisikan inovasi produk sebagai proses pengenalan produk atau sistem
baru yang membawa kesuksesan ekonomi bagi perusahaan dan kesuksesan sosial bagi
konsumen serta komunitas atau lingkungan yang lebih luas.
Di era perdagangan bebas dan
persaingan global ini, memaksa setiap perusahaan untuk siap menghadapi
persaingan bisnis yang semakin ketat. Persaingan yang semakin ketat dan
konsumen yang semakin kritis dalam memilih produk, menuntut perusahaan untuk
lebih inovatif dalam menghasilkan suatu produk, dengan kata lain perusahaan
harus mampu menawarkan produk baru yang berbeda dan jauh lebih baik dengan
produk yang ditawarkan oleh pesaing dengan harga yang terjangkau. Hal ini
didukung oleh penelitian Tamamudin (2012: 283) menyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari inovasi produk terhadap keputusan membeli, semakin
tinggi inovasi produk maka semakin tinggi keputusan membeli dan semakin tinggi
juga volume produk yang terjual.
Hal tersebut menguatkan bahwa harga
yang masuk dalam faktor satu dalam penelitian ini berpengaruh terhadap volume
penjualan. Ardiansyah (2013) dalam penelitian dengan variabel bebas harga,
produk, dan promosi dan variabel terikat volume penjualan, dengan metode
analisis regresi ganda menemukan ada pengaruh positif dan signifikan antara
harga, produk dan promosi terhadap volume penjualan. Hasil ini relevan dengan
temuan dalam penelitian ini yaitu harga, produk dan promosi yang masuk dalam
faktor 1 merupakan variabel yang berpengaruh terhadap volume penjualan. Nicolas
Manurung (2010) dalam penelitiannya dengan analisis regresi ganda menemukan bahwa
ada pengaruh positif dan signifikan antara diskon, biaya iklan dan uang muka
terhadap penjualan sepeda motor pada dealer sepeda motor di Tanjung Pinang.
Temuan ini menguatkan bahwa diskon yang masuk dalam faktor 2 dalam penelitian
ini berpengaruh terhadap penjualan.
Faktor yang Paling Dominan Mempengaruhi
Volume Penjualan di UD. Kurniawan Motor
Berdasarkan pengujian hipotesis
konseptual, untuk menentukan dimensi atau faktor yang paling dominan
mempengaruhi Volume Penjualan Pada UD. Kurniawan Motor Seririt – Singaraja,
digunakan parameter koefisien varimax atau mendekati -1. Nilai yang mendekati 1
diawali oleh nilai 0;5 sedangkan nilai yang mendekati -1 diawali oleh -0,5.
Secara lebih rinci hasil ringkasan rotasi dari matriks faktor memuat nilai
varimax rotation, dapat dilihat pada Tabel 4.1.
Tabel
4.1. Matriks Rotasi Hasil Analisis Faktor
Dimensi/Faktor Volume Penjualan
|
Varimax Rotation
|
||
Faktor 1
|
(Produk)
|
49,291
|
-
|
Faktor 2
|
(Promosi)
|
-
|
16,822
|
Berdasarkan Tabel 4.1, maka faktor
yang paling dominan mempengaruhi volume penjualan UD. Kurniawan Motor yaitu
faktor satu dengan nilai varimax rotation 49,291%. Artinya kejelasan asosiasi
dari volume penjualan UD. Kurniawan Motor didominasi oleh faktor satu sebesar 49,291%.
lebih menekankan pada produk sepeda motor yang dijual.
Hipotesis yang menyatakan variabel
Harga, Diskon, Tempat Usaha, Produk Promosi, Inovasi, Periklanan, dan Saluran
Distribusi yang mampu menjelaskan volume penjualan UD. Kurniawan Motor. Faktor
Produk merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi karena memiliki
variance explained tertinggi yaitu sebesar 49,291%. terhadap volume penjualan
UD. Kurniawan Motor Seririt – Singaraja.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan
pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi volume
penjualan Pada UD. Kurniawan Motor adalah faktor satu (produk) dan faktor dua
(promosi) dengan Cumulative percentage of variance 62,241%.
2.
Faktor yang paling dominan mempengaruhi
volume penjualan UD. Kurniawan Motor yaitu faktor satu (produk) dengan nilai
varimax rotation 49,291%.
Berdasarkan simpulan yang diperoleh
dari hasil penelitian ini, maka dapat dikemukakan saran bagi pengusaha
khususnya UD. Kurniawan Motor berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti
menyarankan sebaiknya memfokuskan perhatian untuk meningkatkan volume penjualan
terutama pada faktor yang dominan yaitu kualitas produk dengan cara
meningkatkan kwalitas dari produk yang di buat, inovasi seperti mengembangakan
inovasi yang sesuai dengan kemajuan jaman dan yang di inginkan konsumen, serta
promosi produk kepada konsumen terutama konsumen yang belum terjangkau selama
ini.
Daftar
Pustaka
Aslichati, Lilik dkk. 2008. Metode Penelitian Sosial. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Achyari, Agus. 2010. Manajemen Operasi. Tanggerang Selatan :
Universitas Terbuka
Dharmmesta, Basu Swastha. 2011. Manajemen
Pemasaran. Tanggerang Selatan : Universitas
Terbuka
Harsasi, Meirani. Pengembangan
Produk. 2012. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Husnan, Suad. 2009. Manajemen Keuangan. Tanggerang Selatan:
Universitas Terbuka
Indriyani,
S. 2012. Analisis pengaruh bauran
pemasaran produk plastik terhadap Volume
penjualan (Studi Kasus PT. Mitraya Plasindo Sejati Surabaya. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang:
UNDIP
Irawan,
Andhy. (2013). Pentingnya manajemen
strategic bagi perusahaan. Diambil 26 Juli 2016 Dari http://andhy-brenjenk.blogspot.com/2011/11/
pentingnya-manajemen-strategik-bagi.html
Kotler, Philip, 2000, London Principles
of International, Inc.,.
Mahmud
Machfoedz dalam bukunya Pengantar Ekonomi Modern (2005:141) Diambil 26
September 2016 Dari http://nanangbudianas.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-discount-price.html
Moekijat (2000: 488
Pengertian, Jenis Dan Bentuk Penjualan Diambil 26 September 2016 Dari http://pengertian-pengertian
info.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-jenis-dan-bentuk-penjualan.html
Porter,
M. (2008). Strategi bersaing – teknik
menganalisa industry dan pesaing. (Agus Maulana, Trans). Jakarta: Erlangga.
Simamora,
Bilson. Pemasaran Strategik. 2010.
Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Subekti,
A. F. 2012. Pengaruh Kualitas Produk
Bulog Terhadap Volume Penjualan Beras.
TA (tidak diterbitkan). Yogyakarta: UNY
Winardi, 2005:26 Manajemen Pemasaran Diambil 26 September 2016 Dari http://manajemenpemasaran2.blogspot.co.id/
Comments
Post a Comment