Skip to main content

Kewirausahaan

Contoh Proposal Usaha




KEWIRAUSAHAAN
Usaha Printing
(GYP Printing)


      

Oleh :
I Gusti Kadek Yudi Pranata
017726853
  B2
                
                




     UNIVERSITAS TERBUKA
2016


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.  Atas segala nikmat yang telah dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini sebagaimana mestinya. Adapun Proposal Usaha ini adalah Usaha Printing “GYP’Printing”
Penyelesaian Proposal Usaha ini menjadi tugas dalam Mata Kuliah Kewirausahaan.           Ucapan terima kasih penulis diucapkan kepada  Dosen  yang selalu memberi banyak masukan sehingga Proposal Usaha ini dapat terselesaikan dengan baik dan juga kepada teman teman yang telah membantu dalam penyusunan Proposal Usaha ini, meskipun namanya tidak dapat disebutkan oleh penulis satu persatu.
            Penulis menyadari bahwa Proposal Usaha ini belum terbilang dalam kata sempurna karena, keterbatasan pengetahuan dan kemampuan penulis. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan pada pembuatan Proposal Usaha selanjutnya.
           



Seririt, 16 April 2016


Penulis,



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
              1.1. Latar Belakang........................................................................................................ 1
              1.2. Gambaran Umum Usaha......................................................................................... 2
              1.3. Lokasi Usaha.......................................................................................................... 2
BAB II ISI
              2.1. Aspek Hukum Usaha.............................................................................................. 3
              2.2. Aspek Teknis dan Teknologi.................................................................................. 3
              2.3. Aspek Pasar dan Pemasaran................................................................................... 3
              2.4. Aspek Ekonomi dan Finansial................................................................................ 6
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan.............................................................................................................. 8
3.2. Saran........................................................................................................................ 8

DAFTAR LAMPIRAN
 




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Di era Globalisasi, Saat ini kebutuhan atas segala informasi terbaru menjadi hal utama untuk semua lapisan masyarakat. Salah satu media yang bisa menghadirkan informasi secara cepat, luas, dan tidak terbatas waktu ialah media internet. Internet berkembang dengan sangat pesat. Dari fungsi sharing resources, game online, jejaring sosial, hingga sebagai media komunikasi yang relatif murah.
Namun dengan kemajuan teknologi Internet saat ini, berdasarkan pengamatan saya, para guru – guru kebanyakan hendak memberikan tugas kepada Siswanya untuk mencari tugas berdasarkan di Internet saja seperti pembuatan paper, makalah, serta tugas – tugas yang lainnya, di sisi lain juga berdasarkan pengalaman kerja Saya, para siswa agak malas untuk mencari tugas yang diberikan gurunya sendiri. Mereka hanya menyuruh penjaga Warnet atau Saya Pribadi untuk pembuatan Tugasnya.   
Berdasarkan peluang tersebut Saya bermaksud untuk  membuka peluang usaha Printing yang bernama “GYP’PRINTING”. Nama Usaha tersebut Saya ambil dari Abjad Nama depan Saya, yaitu Gus Yudi Pranata. Usaha Saya akan berbeda dengan usaha – usaha printing lainnya karena Printing saya akan melayani dalam pembuatan tugas – tugas Siswa serta Pengetikan Untuk Masyarakat Umum. Adapun target pasar dari usaha printing ini adalah siswa SMP & SMU/SMK karena Saya akan membuka Usaha ini di tempat strategis yakni di depan SMPN 4 Seririt dan SMK N 1 Seririt karena di kawasan tersebut belum ada Usaha yang seperti ini. Dengan lokasi Printing yang strategis, dekat dengan sarana pendidikan seperti sekolah, dan akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan perbulan yang memuaskan dan dengan demikian diharapkan dapat melakukan usaha ini secara berkelanjutan.
1.2. Gambaran Umum Usaha
Berdasarkan latar belakang di atas, Saya  berusaha untuk membuat usulan usaha Jasa dengan Pelayanan Pembuatan Tugas Siswa & Pengetikan. Adapun profil usaha Kami yaitu sebagai berikut :
Nama Usaha                         : “GYP’PRINTING”
Tempat & Kedudukan         : Jln. Kembang Sari, Desa Lokapaksa,
                                               (Depan SMP N 4 Seririt & SMKN 1 Seririt)
Tujuan                                  :  Melayani Jasa Pengetikan & Pembuatan Tugas
Fungsi                                  : Memberikan kontribusi kepada Siswa untuk pemenuhan  
                                               Tugas Sekolah Secara Tepat dan Cepat.
Bidang Usaha                      : Jasa
Tahun Buku                         : 1 Januari – 31 Desember
Modal Usaha                        : Setoran awal pemilik usaha
Pembagian Keuntungan       : Proporsional
Jangka Waktu Berdiri          : Unlimited

1.3.Lokasi Usaha
            Rencana saya membuka usaha “GAYA Printing” yaitu di kawasan Jln. Kembang Sari, Desa Lokapaksa, Depan SMP N 4 Seririt & SMKN 1 Seririt
           Saya memilih lokasi tersebut karena kawasan tersebut dekat dengan sekolah, dan masyarakat umum serta di kawasan tersebut belum ada Usaha Jasa Printing.


BAB II
ISI

2.1 Aspek Hukum
       Badan Hukum Usaha
            Badan hukum untuk Usaha saya yaitu “GYP Printing” saat ini belum ada hukum yang mengikat. Namun jika usaha ini dapat berkembang pesat, Saya akan mengajukan pembuatan ijin usaha agar dapat diakui dan dilindungi oleh hukum.
2.2  Aspek Teknis Dan Teknologi
2.2.1. Mesin dan peralatan
Alat-alat yang akan Kami gunakan untuk mempermudah kegiatan Usaha antara lain:
·         Mesin Printer Epson L210 sebanyak 1 unit, digunakan untuk mencetak hasil yang diinginkan para konsumen dan Untuk menScan Data Konsumen.
·         Komputer sebanyak 1 Unit, digunakan untuk proses pembuatan tugas serta menghubungkan antara komputer dengan printer.
·         1 Unit Modem USB – GSM.
·         Meja dan kursi sebanyak 1 unit untuk Komputer.

2.2.2. Bahan baku
Bahan-bahan yang akan Kami gunakan untuk membangun usaha ini antara lain :
·         Tinta Warna
·         Kertas A4.
·         Kertas F4.

2.3 Aspek Pasar dan Pemasaran
       Promosi
       Promosi sangat diperlukan dalam mengenalkan sebuah produk, tanpa adanya promosi kami tidak akan mampu menjual produk yang akan kami salurkan ke konsumen. Khalayak yang menjadi sasaran Saya dalam menjajakan “GYP’Printing” yaitu siswa, dan masyarakat umum. Beberapa alat yang akan saya gunakan dalam melakukan promosi adalah :
1.      Brosur
Melalui media cetak brosur, Saya yakin calon konsumen yang membaca dan menerima brosur saya dan tertarik terhadap desain dari brosur serta nama usaha saya.
2.      Online
Melalui media online khususnya Sosmed Saya dapat memperkenalkan Jasa Saya kepada calon konsumen yang kemungkinan belum mendapat selebaran brosur Saya, sehingga promosinya lebih meluas.
       Strategi Pemasaran
                   Pelayanan yang akan saya tawarkan ke pasar untuk melayani siswa dalam Pembuatan tugas Sekolahnya serta Masyarakat Umum yang memerlukan dengan memberikan pelayanan dengan Senyum, Salam yang Sopan.
      
                  





Analisis SWOT
STRENGTH
1.      Lokasi yang Strategis (Dekat Dengan Sekolah)
2.      Pelayanan Instan Untuk Pembuatan Tugas Siswa Secara Cepat
3.      Printing Warna + Fotocopy Warna
4.      Pelayanan Jasa Lainnya seperti Scanning, Typing & Burning
5.      Harga Terjangkau
WEAKNESS
1.      Kurang dipercaya konsumen karena usaha yang berbeda dengan usaha printing lainnya.
OPPORTUNITIES
1.      Berdasarkan Pengamatan, Para Siswa yang bersekolah di kawasan Usaha ini kebanyakan Malas untuk membuat Tugas Sendiri.
2.      Masyarakat Umum banyak yang memerlukan Jasa Printing & Typing, seperti halnya Para Dadia – dadia dan Subak dan yang lainnya.
3.      Belum Ada Jasa Printing yang sekaligus melayani pembuatan Tugas dan Printing.
THREAT
1.      Munculnya Usaha yang sejenis sebagai pesaing.
2.      Harga yang lambat laun akan meningkat karena harga bahan baku yang cenderung meningkat.




Keputusan Strategi
Adapun strategi yang akan Saya gunakan dalam mencapai segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
1.      Strategi Fokus
Strategi ini merupakan suatu usaha bagi perusahaan agar tetap fokus dan tetap bertahan di persaingan pasar. Strategi ini saya gunakan untuk memfokuskan bagaiamana melayani konsumen secara tepat dan cepat.
2.4 Aspek Ekonomi Dan Finansial
       Kebutuhan Dana
1.      Modal Tetap
Keterangan
Unit
Harga Satuan
Total (Rp)
Peralatan
1
6.750.000
6.750.000
Perlengkapan
1
600.000
600.000
Sewa tempat (3 tahun)
1
3.000.000
3.000.000
Jumlah


Rp 10.350.000

2.      Modal Kerja
Keterangan
Satuan
Harga/Satuan
Total (Rp)
Biaya Gaji
-          Karyawan
Jumlah perbulan
1
Rp 600.000

Rp. 600.000
Rp 600.000


Biaya Bahan Baku (perkiraan satu bulan)
Keterangan
Satuan
Harga/Satuan
Total (Rp)
Kertas A4
15 RIM
38.000
570.000
Kertas F4
3 RIM
38.000
114.000
Tinta Warna

10 Slot
40.000
400.000
Jumlah


Rp 1.084.000

           Dari perhitungan diatas dapat kita lihat kebutuhan modal dari usaha ini adalah sebesar Rp. 12.034.000 Pemilik perusahaan menyediakan modal awal sebesar Rp 15.000.000 yang berasal dari modal masing-masing pemilik usaha serta ada modal berupa peralatan yang disumbangkan sebagai modal awal usaha ini. Hal ini berarti sisa dari modal tersebut akan digunakan sebagai biaya lain-lain yang belum dapat di prediksi saat ini.
Perkiraan investasi
            Proyeksi kenaikan pendapatan dan biaya operasional diperkirakan akan meningkat sebesar 10% per tahun, dengan asumsi keadaan perekonomian semakin baik setiap tahunnya.
Kenaikan Operasional
Kenaikan Pendapatan operasional
10% per tahun
Kenaikan Biaya Operasional
10% per tahun



BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha print mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha ini pada masa yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan print semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kepentingan Siswa dan masyarakat pada umumnya.

3.2.Saran
        Adapun saran yang dapat dilakukan dalam mengelola usaha ini adalah sebagai berikut :     
Dalam menjalankan usaha print, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas yang baik dan mencari segmen yang tepat untuk menentukan harga pasar.

DAFTAR LAMPIRAN

1.      HPP
2.      PROYEKSI PENDAPATAN & PROYEKSI PENGELUARAN
3.      PERKIRAAN LABA RUGI
4.      PENYUSUTAN
5.      NVP
6.      NERACA
 

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen Bahasa Bali

Makeber Ring Muncuk Carang Alit Mahenyak akijap, manyingakin kabut kabut sane tebel makeber ring duur gadinge matan ai. Ngiring medalnyane ring paraduan. Semilir angine, dingin tuah , nutupin panyingakan lan ngerasain ia ngebelai jidat, bok, lan atma ipune.   nagih ngaba ia majalaran, joh ring langite. Nyingakin gumi sane kainjek. “enggalang mulih Atrayu, Suudang metik bunga mitir”, meme nyeritang ring pinggir jalane. Atrayu kehenyak ring lamunanne, lantas meresang bungan mitir sane sampun kapetik ituni,lantas malaib, ring tengah padang gadang tegeh. Niki kahidupanne, Atrayu, ia lan kulawargane tinggal ring Bali, tepatnyane ring bedugul sane kaletak ring bukit. Dini suhune dingin, bek entik-entikan gede tegeh, penduduknyane bek sane berkebun lan madagang. Akudang menit ring ladange, anak muani nguda bagus nemuin ia, “gek, margi ka   peken lewatin dija nggih?”,  “lurus, saking pertigaan belok kanan, beli ikutin jalanne nika, pekenne bakal kaliatin ring pinggir margi

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen Bahasa Indonesia

Kumpulan Cerpen & Unsur Intrinsik - Ekstrinsiknya MARTINI Wanita itu bernama Martini. Kini ia kembali menginjakkan kakinya di lndonesa, setelah tiga tahun ia meninggalkan kampung halamannya yang berjarak tiga kilometer dari arah selatan Wonosari Gunung Kidul. Didalam benak Martini berbaur rasa senang, rindu dan haru. Beberapa jam lagi ia akan berjumpa kembali dengan suaminya, mas Koko dan putranya Andra Mardianto, yang ketika ia tinggalkan masih berusia tiga tahun. Ia membayangkan putranya kini telah duduk dibangku sekolah dasar mengenakan seragam putih – merah dan menmpati rumahnya yang baru, yang dibangun oleh suaminya dengan uang yang ia kirimkan dari arab Saudi, Negara dimana selama ini ia bekerja. Martini adalah seorang tenaga kerja wanita yang berhasil diantara banyak kisah mengenai tenaga kerja wanita yang nasibnya kurang beruntung. Tidak jarang seorang TKW pulang ketanah airnya dalam keadaan hamil tanpa jelas siapa ayah sang janin yang dikandungnya. Atau

Berita Bahasa Bali

Berita Bahasa Bali Gradag – grudug, Belog Ajum, Ngapung             Nedeng tengai tepet. Sakewala Komang Santiyasa ( 22 ) suba siaga di bale banjar. Mabaju malengen. Warnane selem, barak di lengen. Matopong barak mekamen selem, mesaput poleng. Lenan teken ento masi makaca mata selem tur masepatu. “ Sekaa layangan lakar meadu jani di Padanggalak, tiang suba maan duman tugas, ” keto abetne Komang Santiyasa. Komang maan duman tugas ngaba bendera. Ento awanane Komang majalan tanggu malu. Magandeng ajak timpalne ane negakin motor knalpot mabedel, munyin motor ane tegakina teken Komang gumanti ngebekin gumi. Gruung, gruung,gruung......!             Di subaane sekaane majalan, Komang ngotek – ngotekang bendera ane abane. Komang ngemaang cihna apang anake majalan di malu nyamping. Tusing ja Komanh Santiyasa dogen ane buka keto. Di nuju masan layangan buka janine, liu muani –muani Baline ane buka punyah. Makejang pada ngae layangan ngae layangan saling pagedenin, saling paaengin. Ap