Contoh Proposal Usaha
KEWIRAUSAHAAN
Usaha
Printing
(GYP
Printing)
Oleh :
I Gusti Kadek Yudi Pranata
017726853
B2
UNIVERSITAS
TERBUKA
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha
Esa. Atas segala nikmat yang telah
dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Usaha ini
sebagaimana mestinya. Adapun Proposal Usaha ini adalah Usaha Printing “GYP’Printing”
Penyelesaian
Proposal Usaha ini menjadi tugas dalam Mata Kuliah Kewirausahaan. Ucapan terima kasih penulis diucapkan
kepada Dosen yang selalu memberi banyak masukan sehingga Proposal
Usaha ini dapat terselesaikan dengan baik dan juga kepada teman teman yang
telah membantu dalam penyusunan Proposal Usaha ini, meskipun namanya tidak dapat
disebutkan oleh penulis satu persatu.
Penulis menyadari bahwa Proposal
Usaha ini belum terbilang dalam kata sempurna karena, keterbatasan pengetahuan
dan kemampuan penulis. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan
saran dari berbagai pihak untuk perbaikan pada pembuatan Proposal Usaha
selanjutnya.
Seririt, 16 April 2016
Penulis,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang........................................................................................................ 1
1.2. Gambaran Umum Usaha......................................................................................... 2
1.3. Lokasi Usaha.......................................................................................................... 2
BAB II ISI
2.1. Aspek Hukum Usaha.............................................................................................. 3
2.2. Aspek Teknis dan Teknologi.................................................................................. 3
2.3. Aspek Pasar dan Pemasaran................................................................................... 3
2.4. Aspek Ekonomi dan Finansial................................................................................ 6
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan.............................................................................................................. 8
3.2. Saran........................................................................................................................ 8
DAFTAR LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Di
era Globalisasi, Saat ini kebutuhan atas segala informasi terbaru menjadi hal
utama untuk semua lapisan masyarakat. Salah satu media yang bisa menghadirkan
informasi secara cepat, luas, dan tidak terbatas waktu ialah media internet.
Internet berkembang dengan sangat pesat. Dari fungsi sharing resources, game online, jejaring sosial, hingga sebagai
media komunikasi yang relatif murah.
Namun
dengan kemajuan teknologi Internet saat ini, berdasarkan pengamatan saya, para
guru – guru kebanyakan hendak memberikan tugas kepada Siswanya untuk mencari
tugas berdasarkan di Internet saja seperti pembuatan paper, makalah, serta
tugas – tugas yang lainnya, di sisi lain juga berdasarkan pengalaman kerja Saya,
para siswa agak malas untuk mencari tugas yang diberikan gurunya sendiri.
Mereka hanya menyuruh penjaga Warnet atau Saya Pribadi untuk pembuatan
Tugasnya.
Berdasarkan
peluang tersebut Saya bermaksud untuk membuka peluang usaha Printing yang bernama “GYP’PRINTING”. Nama Usaha tersebut Saya
ambil dari Abjad Nama depan Saya, yaitu Gus Yudi Pranata. Usaha Saya akan berbeda
dengan usaha – usaha printing lainnya karena Printing saya akan melayani dalam
pembuatan tugas – tugas Siswa serta Pengetikan Untuk Masyarakat Umum. Adapun
target pasar dari usaha printing ini adalah siswa SMP & SMU/SMK karena Saya
akan membuka Usaha ini di tempat strategis yakni di depan SMPN 4 Seririt dan
SMK N 1 Seririt karena di kawasan tersebut belum ada Usaha yang seperti ini. Dengan
lokasi Printing yang strategis, dekat dengan sarana pendidikan seperti sekolah,
dan akan sangat memungkinkan tercapainya target keuntungan perbulan yang
memuaskan dan dengan demikian diharapkan dapat melakukan usaha ini secara
berkelanjutan.
1.2. Gambaran Umum Usaha
Berdasarkan latar belakang di atas, Saya berusaha untuk membuat usulan usaha Jasa dengan
Pelayanan Pembuatan Tugas Siswa & Pengetikan. Adapun profil usaha Kami yaitu
sebagai berikut :
Nama Usaha : “GYP’PRINTING”
Tempat & Kedudukan : Jln.
Kembang Sari, Desa Lokapaksa,
(Depan SMP N 4 Seririt & SMKN 1 Seririt)
Tujuan :
Melayani Jasa Pengetikan & Pembuatan Tugas
Fungsi :
Memberikan kontribusi kepada Siswa untuk pemenuhan
Tugas Sekolah Secara Tepat dan Cepat.
Bidang Usaha : Jasa
Tahun Buku :
1 Januari
– 31 Desember
Modal Usaha : Setoran awal pemilik usaha
Pembagian Keuntungan : Proporsional
Jangka Waktu Berdiri : Unlimited
1.3.Lokasi Usaha
Rencana saya membuka usaha “GAYA
Printing” yaitu di kawasan Jln. Kembang Sari, Desa Lokapaksa, Depan SMP N 4
Seririt & SMKN 1 Seririt
Saya memilih lokasi tersebut karena
kawasan tersebut dekat dengan sekolah, dan masyarakat umum serta di kawasan
tersebut belum ada Usaha Jasa Printing.
BAB II
ISI
2.1 Aspek Hukum
Badan Hukum Usaha
Badan hukum untuk Usaha saya yaitu “GYP Printing” saat ini belum ada hukum yang mengikat. Namun jika
usaha ini dapat berkembang pesat, Saya akan mengajukan pembuatan ijin usaha agar dapat diakui
dan dilindungi oleh hukum.
2.2 Aspek
Teknis Dan Teknologi
2.2.1.
Mesin dan peralatan
Alat-alat yang akan Kami
gunakan untuk mempermudah kegiatan Usaha antara lain:
·
Mesin Printer Epson L210 sebanyak 1
unit, digunakan untuk mencetak hasil yang diinginkan para konsumen dan Untuk
menScan Data Konsumen.
·
Komputer sebanyak 1 Unit, digunakan
untuk proses pembuatan tugas serta menghubungkan antara komputer dengan printer.
·
1 Unit Modem USB – GSM.
·
Meja dan kursi sebanyak 1 unit untuk
Komputer.
2.2.2.
Bahan baku
Bahan-bahan yang akan Kami
gunakan untuk membangun usaha ini antara lain :
·
Tinta Warna
·
Kertas A4.
·
Kertas F4.
2.3
Aspek Pasar dan Pemasaran
Promosi
Promosi
sangat diperlukan dalam mengenalkan sebuah produk, tanpa adanya promosi kami
tidak akan mampu menjual produk yang akan kami salurkan ke konsumen. Khalayak
yang menjadi sasaran Saya dalam menjajakan “GYP’Printing” yaitu siswa, dan masyarakat umum. Beberapa alat yang
akan saya gunakan dalam melakukan promosi adalah :
1.
Brosur
Melalui media cetak
brosur, Saya yakin calon konsumen yang membaca dan menerima brosur saya dan tertarik terhadap desain dari brosur serta nama usaha saya.
2.
Online
Melalui media
online
khususnya Sosmed Saya dapat
memperkenalkan Jasa Saya kepada calon konsumen yang kemungkinan belum mendapat
selebaran brosur Saya, sehingga promosinya lebih meluas.
Strategi Pemasaran
Pelayanan
yang akan saya tawarkan ke pasar untuk melayani siswa dalam Pembuatan tugas
Sekolahnya serta Masyarakat Umum yang memerlukan dengan memberikan pelayanan dengan
Senyum, Salam yang Sopan.
Analisis SWOT
STRENGTH
|
1. Lokasi
yang Strategis (Dekat Dengan Sekolah)
2. Pelayanan
Instan Untuk Pembuatan Tugas Siswa Secara Cepat
3. Printing
Warna + Fotocopy Warna
4. Pelayanan
Jasa Lainnya seperti Scanning, Typing & Burning
5. Harga
Terjangkau
|
WEAKNESS
|
1. Kurang
dipercaya konsumen karena usaha yang berbeda dengan usaha printing lainnya.
|
OPPORTUNITIES
|
1. Berdasarkan
Pengamatan, Para Siswa yang bersekolah di kawasan Usaha ini kebanyakan Malas
untuk membuat Tugas Sendiri.
2. Masyarakat
Umum banyak yang memerlukan Jasa Printing & Typing, seperti halnya Para
Dadia – dadia dan Subak dan yang lainnya.
3. Belum
Ada Jasa Printing yang sekaligus melayani pembuatan Tugas dan Printing.
|
THREAT
|
1. Munculnya
Usaha yang sejenis sebagai pesaing.
2. Harga
yang lambat laun akan meningkat karena harga bahan baku yang cenderung
meningkat.
|
Keputusan Strategi
Adapun strategi yang
akan Saya gunakan dalam mencapai segmentasi pasar adalah sebagai berikut :
1.
Strategi Fokus
Strategi ini
merupakan suatu usaha bagi perusahaan agar tetap fokus dan tetap bertahan di
persaingan pasar. Strategi ini saya gunakan untuk memfokuskan bagaiamana
melayani konsumen secara tepat dan cepat.
2.4
Aspek Ekonomi Dan Finansial
Kebutuhan
Dana
1.
Modal Tetap
Keterangan
|
Unit
|
Harga Satuan
|
Total (Rp)
|
Peralatan
|
1
|
6.750.000
|
6.750.000
|
Perlengkapan
|
1
|
600.000
|
600.000
|
Sewa tempat (3 tahun)
|
1
|
3.000.000
|
3.000.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp 10.350.000
|
2.
Modal Kerja
Keterangan
|
Satuan
|
Harga/Satuan
|
Total (Rp)
|
Biaya Gaji
-
Karyawan
Jumlah perbulan
|
1
|
Rp 600.000
|
Rp. 600.000
Rp 600.000
|
Biaya Bahan Baku (perkiraan
satu bulan)
Keterangan
|
Satuan
|
Harga/Satuan
|
Total (Rp)
|
Kertas
A4
|
15 RIM
|
38.000
|
570.000
|
Kertas
F4
|
3 RIM
|
38.000
|
114.000
|
Tinta Warna
|
10 Slot
|
40.000
|
400.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp 1.084.000
|
|
Dari
perhitungan diatas dapat kita lihat kebutuhan modal dari usaha ini adalah
sebesar Rp. 12.034.000 Pemilik perusahaan menyediakan modal awal sebesar Rp 15.000.000
yang berasal dari modal masing-masing
pemilik
usaha serta ada modal berupa peralatan yang disumbangkan sebagai modal awal
usaha ini. Hal ini berarti sisa dari modal tersebut akan digunakan sebagai biaya lain-lain
yang belum dapat di prediksi saat ini.
Perkiraan investasi
Proyeksi
kenaikan pendapatan dan biaya operasional diperkirakan akan meningkat
sebesar 10%
per tahun, dengan asumsi keadaan perekonomian semakin baik setiap tahunnya.
Kenaikan Operasional
|
|
Kenaikan Pendapatan operasional
|
10% per tahun
|
Kenaikan Biaya Operasional
|
10% per tahun
|
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Dari
hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha print mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak
untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha ini pada masa
yang akan datang. Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan print semakin meningkat seiring dengan
meningkatnya kepentingan Siswa dan masyarakat pada umumnya.
3.2.Saran
Adapun saran yang dapat dilakukan dalam
mengelola usaha ini adalah sebagai berikut :
Dalam
menjalankan usaha print, yang perlu
untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga kualitas yang baik dan
mencari segmen yang tepat untuk menentukan harga pasar.
DAFTAR
LAMPIRAN
1.
HPP
2.
PROYEKSI
PENDAPATAN & PROYEKSI PENGELUARAN
3.
PERKIRAAN
LABA RUGI
4.
PENYUSUTAN
5.
NVP
6.
NERACA
Comments
Post a Comment